UMKM

admin   4/07/2023  Comments Off on UMKM

Halaman ini berisi berita-berita mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian nasional. Selain itu, UMKM juga menjadi tempat bergantung banyak orang untuk mencari nafkah.

Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

UMKM menyerap tenaga kerja sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha.

Sementara itu, UMKM juga berkontrbusi terhadap terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%. Sisanya 38,9% disumbang oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

UMKM tersebut didominasi oleh pelaku usaha mikro yang berjumlah 98,68% dengan daya serap tenaga kerja sekitar 89%.

Dikutip dari website djkn.kemenkeu.go.id, pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global ke arah resesi ekonomi.

Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif atau kontraksi. Perekonomian nasional sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%.

Pandemi Covid 19 menyebabkan krisis ekonomi di Indonesia. Kebijakan yang sulit harus dikeluarkan oleh pemerintah yaitu pembatasan pergerakan orang. Akibatnya suplai barang tersendat, banyak proyek dibatalkan, banyak usaha tutup, dan banyak pekerja terkena PHK.

Menghadapi krisis orang akan mengutamakan penghematan (saving) dan mengurangi belanja, sehingga ekonomi melambat.

Akibatnya mall sepi, pasar berkurang, warung makan dan restoran sepi, tempat wisata sepi, kantin sekolah tutup, atau tukang ojek kehilangan pelanggan.

Orang yang terkena pemutusan hubungan kerja, untuk menafkahi keluarga mencoba membuat usaha kecil yang termasuk UMKM. Jadilah pasar UMKM menjadi makin ramai.

UMKM menjadi tumpuan banyak orang untuk mencari nafkah, baik ketika ekonomi bagus atau ketika ekonomi di landa krisis. Jadi UMKM, bisa menjadi pengaman saat krisis ekonomi.

Halaman ini berisi berita-berita mengenai UMKM di Indonesia. Berita dari pelaku usaha, perkembangan UMKM, kendala berusaha, kebijakan pemerintah tentang UMKM, dll.


Daftar Tulisan

Pemerintah jemput bola untuk digitalisasi UMKM

admin 11/06/2021 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan percepatan digitalisasi 30 juta bagi UMKM Indonesia hingga tahun 2030

Link website bantuan UMKM

admin 9/06/2021 

Belakangan ini beredar melalui media sosial seperti grup FB, Grup WA mengenai pencarian BLT UMKM tahap ketiga dengan judul “Cek…

Cara mengurus SPP-IRT produk makanan rumah tangga

Cara mengurus SPP-IRT produk makanan rumah tangga

admin 1/06/2021 

Pagi pemilik usaha produksi makanan rumah tangga, sebaiknya memiliki sertifikat produknya, namanya Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT)….