Google Forms: form untuk membuat survey, pendaftaran, kehadiran, dll

admin   30/05/2023  diubah:16/07/2023 at 22:39   1

Google Forms: form untuk membuat survey, pendaftaran, kehadiran, dll
Google Formulir untuk membuat form pendaftaran

Google Formulir adalah fasilitas formulir milik Google yang bisa anda gunakan untuk membuat aneka macam formlulir pekerjaan secara gratis. Dengan Google Formulir, anda bisa membuat formulir mulai dari pendaftaran sekolah, pendaftaran seminar, kehadiran acara, pendafataran anggota komunitas, form order, dll.

Untuk bisa menggunakan Google Formulir anda hanya perlu mempunyai akun Google. Dengan login dengan akun Google anda bisa mengakses seluruh layanan google yang diberikan secara gratis, salah satunya Google Formulir.

Google Formulir menjadi alat yang gratis tapi canggih untuk menangani banyak hal yang menggunakan form/formulir. Google Forms juga bisa dihubungkan dengan layanan Google Workspace seperti Google Docs, Google Sheet, Google Slide, dll.

Data-data dari Google Form bisa dimasukkan ke dalam Google Sheet (speadsheet semacam Ms. Excel, LibreOffice), bisa membuat mail merge untuk membuat banyak dokumen dengan satu template. Data-data ini bisa diolah secara online atau diunduh kemudian diubah secara lokal menggunakan Ms. Excel atau LibreOffice.

Berikut ini pekerjaan yang bisa menggunakan Google Formulir:

1. Laporan Pekerjaan
Misalnya suatu UMKM membutuhkan laporan harian produksi dari orang lapangan. Perusahaan belum memiliki software semacam SAP (yang sangat mahal itu), tapi membutuhkan laporan harian yang terdokumentasi, tersusun rapi, dan otomatis.

Alaternatif pertama bisa menggunakan pelaporan manual dengan formulir kertas, kemudian diolah oleh admin menjadi laporan yang menyeluruh. Kalau perusahaan hanya mempunyai 5 pekerja tentu bisa diatasi. Tapi perusahaan dengan 50 atau 100 pekerja, penulisan manual akan memakan waktu lebih dan tidak efisien. Belum lagi hal ini akan menyebabkan pekerjaan ganda. Laporan yang sudah ditulis secara manual oleh petugas lapangan harus ditulis ulang oleh petugas admin. Satu pekerjaan dilakukan oleh 2 orang, jadi tidak efisien.

Alternatif kedua bisa menggunakan pesan Whatsapp berisi laporan produksi harian. Ini lebih cepat. Dengan perangkat telpon pintar masing-masing petugas lapangan bisa membuat laporan dan dengan cepat dikirim ke bagian administrasi. Sama seperti yang pertama, laporan harus disalin dan diolah lagi ke komputer menjadi laporan yang menyeluruh. Ini juga belum efisien, masih ada satu pekerjaan yang sama dikerjakan oleh lebih dari satu orang.

Dengan Google Forms pekerjaan pelaporan harian bisa lebih efisien dan murah. Syaratnya ada koneksi internet. Masing-masing petugas lapangan hanya membuka Google Forms, memasukkan rincian laporan harian, dan kirim. Data langsung masuk ke layanan Google Sheet. Data yang masuk tinggal diolah menjadi data untuk laporan kantor. Data bisa dibuat grafik, tabel yang lebih cantik, atau dihubungkan dengan tabel lain.

Menggunakan Google Form ini yang paling efisien. Mudah, efisien, tidak perlu mengetik ulang.

2. Formulir kehadiran
Google Form bisa digunakan untuk mengumpulkan data kehadiran acara. Misalnya ada acara rapat di suatu kantor. Dengan Google Formulir, tinggal dibuat fomulir untuk data kehadiran yang dibatasi waktunya. Setelah sampai waktu yang ditentukan, formulir ditutup. Dengan Google Formulir, data langsung masuk ke Google Sheet untuk kemudian bisa diolah dan dicetak.

Google Form juga bisa digunakan untuk mengumpulkan data kehadiran di kantor atau perusahaan. Bisa menampilkan waktu kehadiran, identifikasi menggunakan ID, data lokasi berdasarkan lokasi telpon pintar, jadi karyawan yang melakukan input di luar kantor atau dari rumah bisa diketahui dari koordinat lokasinya.

3. Pendaftaran anggota komunitas
Google Form bisa digunakan untuk mengumpulkan data pendaftaran anggota komunitas, organisasi, perkumpulan, atau partai politik. Data keanggotaan akan masuk ke Google Sheet yang kemudian bisa diolah lebih lanjut. Hebatnya lagi, Google Form bisa mencetak secara otomatis kartu anggota organisasi, dengan nama, logo organisasi, dan foto anggota. Desain bisa menggunakan template yang sudah dibuat sebelumnya di Photoshop, Inkscape, Gimp atau Canva.

4. Pendafataran seminar dan pencetakan sertifikat
Google Formulir bisa digunakan untuk pendaftaran acara seminar. Bisa digunakan sebagai formulir pendaftaran seminar, formulir kehadiran seminar, dan akhirnya bisa digunakan untuk mencetak sertifikat seminar. Untuk mencetak sertifikat bisa dilakukan sendiri oleh peserta setelah dinyatakan berhak oleh panitia. Dengan kode khusus kemudian sertifikat akan dikirim melalui email. Pencetakan sertifikat juga bisa dilakukan serentak oleh admin panitia untuk kemudian dikirimkan kepada peserta yang mememnuhi syarat.

Dengan Google formulir, pencetakan sertifikat bisa dilakukan secara otomatis.

5. Untuk order form/form pemesanan
Google formulir bisa digunakan sebagai order form atau form pemesanan. Misalnya anda mempunyai toko online sederhana, bisa memanfaatkan layanan formulir Google ini untuk membuat formulir order/pesanan. Di website ditampilkan gambar dan detil barangnya seperti warna, jumlah, harga, dll. Formulir pemesanan bisa diisi oleh calon pembeli, kemudian akan terkirim ke Google Sheet di akun penjual. Data ini akan tersusun dengan rapi, dari pembelinya, barang yang dipesan, jumlah, alamat pembeli, pesan dari pembeli, dll.

Dengan data pembeli yang rapi anda bisa menindaklanjutinya dengan lebih baik. Bisa dilengkapi dengan keterangan proses, kirim, selesai, dll. Sehingga pelayanan kepada pembeli lebih rapi, stok barang yang ada juga bisa diketahui.

6. Formulir pendaftaran sekolah

Google Form sangat cocok untuk digunakan membuat sistem penerimaan murid baru atau sistem pendaftaran sekolah secara online. Calon murid bisa mendaftar melalui perangkat ponsel, tablet, laptop, maupun komputer meja. yang penting ada sambungan internet.

Form pendaftaran sekolah dengan Google Form bisa mencetak bukti pendaftaran secara otomatis.

Form pendaftaran sekolah ini juga bisa membuat surat keterangan diterima atau tidak diterima dan mengirimkannya ke calon murid secara serempak.

Dengan pendaftaran secara online, calon siswa tidak perlu datang ke sekolah. Semua proses pendaftaran, unggah dokumen, kirim bukti pebayaran, bisa dilakukan secara online.

Dan masih banyak fungsi lain dari Google Formulir ini, seperti untuk kuesioner, jajak pendapat, survey kepuasan konsumen, inventaris barang, dll, tergantung kreatifitas anda. Semua yang melibatkan form yang sederhana bisa dilayani dengan formulir ini.

Kami melayani jasa pembuatan Google Forms untuk pendaftaran seminar, absen pekerja, pendaftaran anggota komunitas, pencetakan kartu tanda anggota, dll.



One thought on “Google Forms: form untuk membuat survey, pendaftaran, kehadiran, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *