Membuat email gmail gratis dengan domain sendiri

admin   21/05/2021  diubah:3/07/2023 at 22:30  

Memiliki usaha, memiliki website dengan nama usaha, lalu memiliki email dengan domain website sendiri lebih terpercaya daripada email gratis yang numpang di Gmail, Outlook, atau Yahoo. Misalnya anda punya website dengan alamat www.rotienak.com, maka bisa membuat email dengan alamat info@rotienak.com, customer@rotienak.com.

Dengan email dengan domain sendiri lebih terpercaya, tapi ada kelemahannya, yaitu kapasitas penyimpanan yang terbatas. Untuk usaha kecil UMKM yang masih berjuang, penghematan sangat penting, jadi kalau membuat website juga bisa memilih yang kapasitasnya kecil sehingga harga sewa lebih murah.

Solusinya, email dengan nama sendiri tapi email masuk dan keluar bisa ditarik ke Gmail gratis. Ini solusi murah bagi UMKM yang ingin punya email dengan domain sendiri tapi bisa menggunakan layanan penyimpanan gratis Gmail.

Apa yang dibutuhkan?
1. Domain dan hosting
Domain atau alamat web, misalnya: www.rotibuaya.com. Lalu sewa hosting yang paling murah, misalnya kapasitas 200MB. Untuk UMKM, silakan bikin website di azimat.id, nanti bisa kami rekomendasikan domain dan hosting yang murah.

2. Akun gmail gratis

Cara menghubungkan email domain sendiri dengan akun Gmail.
1. Anda harus punya dulu email di akun cpanel anda. Klik icon email account email domain sendiri

Maka akan muncul sebagai berikut:

Lalu klik “connect device”. Settingan ini sebenarnya untuk mengatur perangkat klien untuk membaca email: bisa outlook, gadget Android, atau akun Gmail.

Maka akan muncul data POP, SMTP, dan port yang dipakai. POP3 untuk menerima email, SMTP untuk mengirim email. Catat data-datanya, ini akan kita input di akun Gmail kita.

2. Masuk ke akun email Google. Klik bagian setting di kanan atas. Setting -> see all setting

Maka akan muncul
email

Pada bagian “Check mail from other account” klik “add mail account”.
membuat email

email gmail
Pada pilihan “leave a copy” tidak usah dicentang agar kapasitas hosting tidak penuh oleh email.

Kalau sudah diisi semua, klik add account.
Kalau berhasil maka akan muncul sebagai berikut:

Berikutanya adalah menambahkan fungsi untuk mengirim email dengan domain sendiri dari akun Gmail. Di sini kita membutuhkan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sebenarnya settingan ini juga bisa dipakai di Ms. Outlook, Android.

Caranya sama, di setting Gmail klik icon “Send mail as”.
send email

Kalau sudah selesai anda akan mendapat link konfirmasi melalui email yang diberikan. Silakan buka email melalui Cpanel, dan klik konfirmasi. Maka email dengan domain sendiri sekarang bisa digunakan melalui Gmail.

Tags


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *