Macam-macam cara mencari uang secara online

admin   26/06/2023  diubah:3/07/2023 at 22:16  

Dunia semakin terhubung. Penemuan internet mengubah banyak cara manusia hidup, melihat hidup, dan menjalaninya. Cara orang bekerja, belajar, berbelanja, bersosialisasi, atau mencari uang. Hal yang dulu terdengar aneh, sekarang mungkin.

Dulu orang bekerja di kantor, sekarang ada yang daring/online.

Dulu orang berbelanja di toko, sekarang online.

Dulu orang kalau kangen dengan pacarnya menulis surat, seminggu baru sampai lalu dua minggu baru mendapat balasan. Sekarang bisa dengan WA atau bahkan bisa melihat wajahnya dengan fitur panggilan video/video call.

Dengan internet orang yang sedang sedih mencari hiburan, orang yang kesepian mencari teman, yang jomblo mencari pasangan, dan pengangguran mencari pekerjaan.

Internet membuka kesempatan baru, hal yang dulu tidak terpikirkan. Dengan internet, orang bisa mencari pekerjaan sampingan tanpa menggangu pekerjaan utama. Bahkan ada yang menjadikan pekerjaan di dunia online sebagai pekerjaan utama.

Ada Youtuber, Tiktoker, influencer, pedagang online, digital mareketer, ahli SEO, penulis konten, ghost writer, pembuat website, mengelola website, dan lain-lain. Mereka ada yang sepenuhnya menggantungkan pekerjaan di dunia internet sebagai mata pencaharian utama. Bahkan banyak yang mepunyai kantor sendiri, tim sendiri, digaji, untuk membuat konten dari pemilik.

Ini contoh peluang pekerjaan dari dunia internet.

Semua orang bisa mendapat penghasilan dari internet, termasuk anda.

Ada banyak pilihan bagi anda yang ingin mendapat penghasian tamabahan, atau bahkan menjadi penghasilan utama, di internet. Tentu saja ada syarat dan kemampuan yang dibutuhkan, tapi itu bisa dipelajari.

Berikut ini beberapa pilihan cara mencari uang di internet

1. Adsense

Layanan milik Google ini menjadi tumpuan banyak ornag untuk mencari uang di internet. Adsense ada yang untuk website (Adsense for content), ada Adsense untuk Youtube, dan ada yang untuk aplikasi namanya Admob.

Untuk bisa memasang adsense, anda harus mempunyai website. Website bisa apa saja, terutama website yang berisi informasi. Cukup bikinw website, isi dengan konten menarik, setelah ada pengunjung, daftarkan ke Adsense. Kalau sudah disetujui, naikkan jumlah pengunjung harian sampai mendapatkan angka yang cukup untuk pembayaran bulanan,

Adsense mensyaratkan jumlah pembayaran minimal 100 dolar untuk bisa dilakukan penarikan. Jadi untuk mendapatkan 100dolar per bulan dari adsense, anda harus mendapatkan 3,4 ddolar sehari.

Untuk website bisa menggunakan website gratisan Blogspot, atau menggunakan website yang dengan domain dan hosting sendiri. Untuk website dengan domain dan hosting sendiri bisa menggunakan CMS WordPress sebagai mesin websitenya.

Adsense adalah iklan per klik, pay per klik (cpc). Publisher adsense dibayar untk tiap klik iklan yang tampil di halaman websitenya. Jadi semakin ramai website, semakin besar kemungkinan mendapatkan uang.

2. Berjualan di Marketplace

Ini juga merupakan potensi besar. Dengan berjualan online, maka produk anda berpeluang dibeli oleh ornag dari seluruh Indonesia. Apalagi kedepan pentetrasi interet di Indonesia akan semakin luas, sehingga pasar online akan semakin besar.

Untuk berjualan online, anda bisa bergabung dengan Tokpedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada. Bagi yang punya usaha makanan bisa bergabung dengan GoFood, Shopeefood, atau Grabfood.

3. Dropship

Mengutip dari dailysocial.com, dropship adalah sebuah sistem di mana seseorang dapat menjual suatu produk milik pihak lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Pihak yang melakukan dropship disebut sebagai dropshipper.

Cara kerja menjadi dropshipper adalah dengan memasarkan produk dari pihak penyedia, lalu menjualnya dengan nama bisnis yang berbeda. Kalau ada pembelian, pihak penyedia akan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli atas nama dropshipper.

Jadi dropship itu menjual barang tanpa memiliki/mempunyai stok barang tersebut.

Kelebihan dropship adalah anda bisa berjualan barang tanpa membelinya, alias tanpa modal. Kekurangannya, kalau barang yang dipesan tidak tersedia, maka kepercayaan pelanggan menurun. Inilah kelemahan dropship, tidak bisa memastikan ketersediaan barang.

Beberapa alternatif menjadi dropshipper.

1. Menjual produk dari marketplace A ke marketplace B.
Cari penjual dari marketplace lain, sampaikan ingin menjadi dropshipper. Tidak semua penjual/penyedia mengijinkan dropshipper, jadi cari yang mau menerima dropshipper.

2. Bekerjasama dengan suplier atau pemilik produk untuk menjualkan produknya. Caranya dengan minta persetujuan, meminta foto-foto produk, kemudian menunggahnya di website sendiri atau di toko marketplace. Kalau ada pembelian, anda tinggal menghubungi pemilik produk untuk mengirimkan ke alamat pembeli.

4. Berjualan foto
Anda suka fotografi, atau suka foto-foto? Daripada disimpan memenuhi hardsik atau kartu memory, coba mendaftar ke situs penyedia foto, lalu unggah foto-foto terbaik koleksi anda. Kalau diterima, lalu ada yang membeli, maka anda akan mendapat bayaran.

Beberapa layanan untuk mendapatkan penghasilan dari berjualan foto:
1. Shutterstock
2. Unsplash
3. Getty Images dan iStock
4. Adobe Stock
5. Alamy
6. 500px
7. Etsy
8. Snapped4U
9. FotoMoto
10. Dreamstime

5. Berjualan thema website
Anda menguasasi HTML, bisa membuat desain wesbite? Anda bisa mendapatkan penghasilan dari internet dengan berjualan theme website. Theme website bisa hanya file html + CSS, atau theme WordPress (yang paling populer). Theme untuk WordPress memang banyak yang gratis dan bagus, tapi biasanya terbatas dalam kemampuan kustomisasi tampilan. Theme yang dijual punya keunggulan dalam kustomisasi dan fungsi-fungsi, dan desain yang lebih baik.

Untuk berjualan theme website anda bisa mendaftar ke themeforest.com

6. Menjadi freelancer dengan mengerjakan proyek online

Ini merupakan pekerjaan pesanan orang lain yang kita kerjakan secara online. Ada banyak pilihan pekerjaan online: ada input data, data analyst, penulisan konten, pembuatan website, penambahan fungsi website, pembuatan logo, desain grafis, dll.

Untuk bisa mendapat pekerjaan, anda harus mendaftar ke layanan penyedia pekerjaan lalu melakukan bid atau penawaran untuk proyek yang diajukan oleh pemilik. Di situ ada jenis pekerjaan, harga, alur kerja, dan waktu pengerjaan. Kalau penawaran anda diterima, maka anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut.

Untuk menjadi freelancer secara online, anda bisa mendaftar di situs berikut:
1. Upworks
2. Freelancer
3. Project.co.id
4. Sribulancer
5. Sribu
6. Fiverr

7. Ikut program afiliasi
Program afiliasi atau affiliate adalah bentuk pemasaran yang membayar anggota afiliasi atas transaksi yang berhasil yang menggunakan kode referalnya. Tiap anggota akan mendapat kode khusus yang bisa dipasang di link menuju produk afiliasi sebagai tracking. Kalau terjadi pembelian, maka anggota afiliasi akan mendapatkan jasa afiliasi/refferal earning.

Contoh program afiliasi paling besar adalam Amazon. Amazon mempunya program afiliasi yang dinamakan Amazon Associates. Anda bisa mendaftar secara gratis. Apabila dalam waktu 180hari tidak ada pembelian maka akun akan ditangguhkan.

Cara kerja afiliasi Amazon adalah dengan memasarkan produk-produk Amazon melalui website atau media sosial. Kalau ada pembelian melalui rekomendasi anggota, maka yang bersangkutan akan mendapatkan bayaran.

Sementara program afiliasi selain Amazon yang besar misalnya ClikBank dan Comission Juction (CJ).

Program afiliasi yang lain misalnya afiliasi hosting. Banyak penyedia hosting yang membuka program afiliasi. Mereka akan memberi jasa afiliasi atas pelanggan yang menmbeli paket hosting lewat rekomendasi anggota tersebut.

Demikian beberapa alternatif mendpatkan penghasilan dari internet. Setiap orang bisa mendapatkan penghasilan dari internet, asal mau dan bisa. Tentu saja harus mempunyai keahlian yang dibutuhkan, dan itu bisa dipelajari dengan ketekunan.

Bingung cari kerja? Coba saja mencari pekerjaan di dunia internet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *