Macam-macam manfaat website untuk perusahaan

admin   13/06/2023  diubah:8/09/2024 at 20:12  

Website ibarat kantor virtual untuk perusahaan. Di website bisa ditampilkan nama, logo, visi misi, sejarah, dan layanan perusahaan. Website perusahaan juga bisa memuat data produk, data pelanggan, data suplier, data pekerja, dll.

Beberapa perusahaan rintisan sangat bergantung kepada wesbite untuk mengenalkan profilnya di dunia internet. Mereka tidak mempunyai kantor sendiri, tapi menyewa kantor fisik dengan konsep coworking space, berbagi tempat dengan beberapa perusahaan lain. Dengan konsep kantor berbagi, mereka mengandalkan website sebagai perwakilan perusahaan di dunia internet. Perusahaan seperti ini biasanya menjual jasa berupa keahlian atau layanan jadi memang tidak memerlukan tempat produksi.

Perusahaan lain menampilkan sertifikasi ISO untuk menunjukkan manajemen perusahaan sudah memenuhi standar tertentu, menampilkan penghargaan sebagai merek terbaik atau paling banyak digunakan, dll. Website di sini berperan dalam membangun citra perusahaan, sebagai perusahaan yang profesional dan dipercaya.

Jenis-jenis website perusahaan

Website perusahaan dibuat menyesuaikan jenis perusahaan, bidang usaha, alur kerja perusahaan. Ada yang menjadikan website hanya untuk menampilkan informasi perusahaan, ada yang menjadikan website sebagai tempat transaksi perusahaan, dll.

1. Website company profile
Website company profil hanya memuat profil perusahaan, logo, nama, sejarah, visi, susunan direksi dan komisaris, jenis produk,dll. Website company profile hanya menyajikan informasi satu arah dari perusahaan.

2. Website aplikasi perusahaan
Website aplikasi perusahaan menambahkan fungsi untuk transaski atau mencatan alur kerja perusahaan. Misalnya mendukung tender perusahaan, presensi kehadiran karyawan, form cuti karyawan, penggajian, mendukung transaksi jual beli, mendukung penerbitan invoice, dll.

Teknologi website perusahaan

Website perusahaan bisa dibangun dari teknologi sederhana sampai enterprise. Untuk menampilkan profile perusahaanm, kegiatan perusahaan, informasi perusahaan, website perusahaan bisa dibangun dengan CMS gratis seperti WordPress atau Drupal. Dengan dua CMS ini sudah lebih dari cukup untuk membangun website perusahan yang menangani tugas sederhana seperti company profile dan blog perusahaan.

Untuk website yang menangani transaski, alur produksi perusahaan, penjualan, akuntansi dll, dibangun menggunakan software untuk keperluan bisnis. Bisa menggunakan CMS berbayar, menggunakan ERP, SAP, atau membuat sistem yang dedicated untuk perusahaan tersebut. Sistem enterprise bisa menggunakan bahasa pemrograman .Net atau Java.

Tapi umumnya untuk website perusahaan memisahkan antara website untuk company profile dan website untuk transaksi atau manajemen prusahaan. Apalagi untuk aplikasi enterprise bisa berisi banyak aplikasi di belakang untuk menangani tugas yang berbeda-beda. Website untuk komunikasi atau transaksi internal harus sangat aman, biasanya menggunakan jaringan VPN khusus, sehingga orang luar tidak bisa mengaksesnya.

Manfaat website untuk perusahaan

1. Sebagai company profile
Website perusahaan memuat informasi mengenai perusahaan, sejarah pendirian, bidang usaha perusahaan, klien perusahaan, pencapaian perusahaan, sertifikasi perusahaan, dll. Dengan website perusahaan, pengunjung yang merupakan calon pembeli, calon investor, calon partner bisa mengetahui profile perusahaan.

2. Meningkatkan citra perusahaan
Website perusahaan ibarat kantor virtual bagi perusahaan. Orang luar akan melihat dan membayangkan perusahaan dengan melihat wesbitenya. Website yang dikelola dengan baik, memuat informasi yang lengkap, akan meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan yang sadar informasi.

Dengan melihat kegiatan perusahaan misalnya berupa pelaksanaaan CSR perusahaan akan meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan yang peduli kepada masyarakat sekitar. Atau kegiatan family gathering perusahaan akan mengesankan sebagai perusahaan yang peduli kepada karyawan dan keluarganya.

Dengan melihat penghargaan dan sertifikasi yang dimiliki perusahaan maka meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan yang profesional dan berprestasi di bidangnya.

3. Promosi
Website perusahaan sangat efektif sebagai media promosi perusahaan. Promosi bisa berupa produk-produk perusahaan berupa barang atau jasa yang dimiliki perusahaan. Dengan media website maka dengan cepat produk atau jasa perusahaan berpeluang tersebar ke seluruh dunia. Ini akan menjadi sarana promosi yang efektif. Apalagi dengan website dan media sosial, bisa mentargetkan promosi ke pelanggan untuk wilayah geografi tertentu.

4. Mendekatkan pelanggan
Website perusahaan bisa mendekatkan pelanggan. Dengan website perusahaan, pelanggan dari pelosok Indonesia bahkan dunia bisa mengetahui produk atau jasa perusahaan. Dengan website juga memungkinkan pelanggan bisa berkomunikasi dengan perusahaan misalnya dengan komentar atau memberikan umpan balik (feed back). Umpan balik Bisa berisi saran, kritikan, harapan, keberatan terhadap produk atau layanan perusahaan.

5. Memetakan perilaku pelanggan
Website perusahaan juga bisa memetakan perilaku pengunjung. Dengan mengamati dashoboard analitik, maka perilaku pengunjung akan terbaca, misalnya produk mana yang sering dilihat, dari daerah mana asal pengunjung, berapa usia pengunjung paling banyak, halaman mana yang paling menarik, dll. Dengan website juga bisa meminta masukan dari pengunjung berupa umpan balik/feed back. Komentar dan masukan pengunjung bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk menentukan kebijakan tentang produk dengan lebih baik.

6. Meluaskan jangkauan perusahaan

Website jangkauannya luas, ke seluruh Indonesi bahkan dunia. Selama ada koneksi internet, maka website bisa diakses. Ini sangat penting untuk meluaskan produk agar dikenal oleh calon konsumen. Untuk memanfaatkan fungsi ini, perlu strategi bagaimana meningkatkan visibilitas produk atau perusahaan. Memanfaatkan jangkauan luas untuk promosi, menargetkan segmen tertentu untuk produk yang lebih spesifik.

7. Transaksi perusahaan
Website yang bisa menangani transasksi perusahan adalah funsgi website yang sudah lanjut. Transaksi yang bisa dilayani antara lain melayani pembayaran, pembuatan invoice, pembuatan dan penandatanganan kontrak, sistem gudang/logistik, dll.

Melihat manfaat di atas kita bisa melihat pentingnya memiliki website bagi perusahaan. Selain manfaat langsung sebagai penyimpan data juga menaikkan citra perusahaan.

Bagaimana membuat website perusahaan?

Untuk membuat wesbite perusahaan bisa menggunakan CMS gratis seperti WordPress atau Drupal, atau menggunakan bahasa pemrograman untuk web seperti PHP, Python, Java, atau .Net.

Membuat website perusahaan bisa dilakukan oleh Tim IT perusahaan yang menangani khusus IT dan sistem komputer di perusahaan. Keberadaan tim website sangat penting untuk membuat, menjaga, atau memlihara website. Jika tim tidak bisa mentasasi, bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Sudah punya website perusahaan tapi tidak puas dengan tampilannya?

Perusahaan anda sudah mempunyai website sejak lama. Karena sudah lama, maka sekarang terlihat kuno, lambat, dan kurang sesuai dengan kondisi layar perangkat komputer sekarang dengan resolusi yang lebih tinggi. Website juga lambat. Untuk masalah begini, website perusahaan perlu di redesain.

Redesain website perusahaan diperlukan untuk meningkatkan kinerja, menyesuaikan perkembangan teknologi browser, menyesuaikan perangkat ponsel. Orang membuka website sebagian besar mengggunakan ponsel pintar, tidak lagi komputer meja.

Untuk melakukan redesain wesite perusahaan, bisa menggunakan tim IT perusahaan. Tim ini bertangggungjawab memelihara website dan melakukan perubahan yang diperlukan.

Atau perusahaan anda bisa menggunakan jasa redesain website dari luar. dengan layanan redesain website, perusahaan tinggal memberikan rincian atau spesifikasi yang diinginkan, redesain akan dikerjakan oleh perusahaan penyedia jasa redesain website.

Apakah website perusahaan anda pengunjungnya masih sedikit?

Dengan pengunjung yang sedikit maka perusahaan tidak bisa mengambil manfaat yang tinggi dari sebuah website perusahaan. Untuk menjadikan webite perusahaan bermanfaat harus mempunyai pengunjung yang banyak. Ini bisa dilakukan dengan iklan online berbayar atau menerapkan SEO untuk website perusahaan.

Penerapan SEO merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. SEO unuk website perusahaan memerlukan proses berkelanjutan, mengisi website dengan tulisan yang mendukung, memperbaiki kesalahan, menyebarkan ke media sosial, dll. Tujuan SEO akan tercapai seiring waktu dengan bertambahnya jumlah kunjungan dan loyalitas pengunjung website.

Website yang isinya bermanfaat akan menarik orang untuk kembali lagi.

SEO untuk website perusahaan berkaitan dengan pekerjaan pemeliharaan website perusahaan, jadi lebih efektif kalau perusahaan mempunyai tim khusus yang menangai website.

Untuk meningkatkan pengunjung ke website perusahaan melalui teknik SEO, kalau perusahaan tidak mempunyai tim khusus, bisa menggunakam jasa SEO yang banyak tersedia di Indonesia. Penyedia Jasa konsultasi SEO akan membimbing bagaimana seharusnya membuat artikel/tulisan, bagaimana memilih kata kunci website, mengaudit struktur halaman website, dan memberikan saran-saran perbaikan.

Demikianlah tulisan mengenai manfaat website untuk perusahaan. Website itu aset perusahaan jadi harus dijaga dan dipelihara. Bagaimana menjaga keamanan website? Dengan rajin memantaunya memperbarui softwarenya, kodenya agar selalu sesuai dengan sistem teraru, dan rajin melakukan back up.

Website perusahaan yang baik adalah yang tampilannya bagus, ringan diakses, memuat informasi yang bermanfaat, dan bisa memdukung bisnis perusahaan. Untuk mewujudkan itu website harus mempunyai banyak pengunjung.

Pengunjung yang banyak adalah syarat agar website perusahaan bisa berfungsi baik untuk mendukung kinerja perusahaan.

Tags


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *