Website vs Aplikasi, apa kelebihan dan kekurangannya?

admin   9/06/2023  diubah:5/07/2023 at 20:58  

Website vs Aplikasi, apa kelebihan dan kekurangannya?
Website vs Aplikasi. kelebihan dan kekurangannya. Azimat.id

Website dan aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada kondisi tertentu website lebih baik, pada kondisi yang lain bisa aplikasi lebih baik. Website dan aplikasi bisa digunakan sesuai pada kondisi yang tepat.

Website sebenarnya juga aplikasi, istilah bahasa Inggrisnya web application atau aplikasi web. Untuk tulisan ini istilah aplikasi web, web application, aplikasi website merujuk kepada hal yang sama yaitu website.

Menurut Ensiklopedia Britanica, aplikasi web adalah program komputer yang disimpan di server jarak jauh dan dijalankan oleh penggunanya melalui browser Web.

Dewasa ini istilah aplikasi web berkembang ke website yang bisa menangani pekerjaan yang sebelumnya lazim dikerjakan oleh sebuah perangkat lunak offline, misalnya mengedit gambar, membuat perhitungan akuntansi, mengedit video, word processsing, dll. Selain itu apliaksi web juga bisa menangani transaksi seperti perbankan, marketplace, pendaftaran, atau media sosial – pertemanan.

Website diakses menggunakan browser/peramban. Ada beberapa peramban populer yang sering digunakan nuntuk membuka website, di antaranya Mozila Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Brave, Opera, Safari, dll. Ada juga browser untuk mengakses deep web, namanya Tor Browser.

Website berjalan di suatu komputer dan bisa diakses melalui jaringan internet sehingga bisa diakses dari seluruh dunia.

Aplikasi dalam tulisan ini merujuk kepada program yang membutuhkan proses instalasi untuk bisa dipakai (lebih khusus aplikasi native). Misalnya aplikasi Android, aplikasi iOS, aplikasi desktop, dll. Aplikasi ada yang datanya tersimpan dalam perangkat, sehingga bisa dibuka walaupun tidak ada akses internet, ada juga aplikasi yang data datanya tersimpan di suatu server.

Server untuk aplikasi bisa sama dengan server untuk website, istilahnya backend. Banyak aplikasi modern memisahkan antara sisi server dengan sisi tampilan pengguna/client. Dari server ini kemudian data bisa ditampilkan dalam banyak jenis aplikasi: desktop, mobile, smart TV, atau website.

Sebagai sebuah penampil, website dan aplikasi adalah sama-sama penampil informasi yang disimpan di server. Keduanya merupakan bagian yang dibuat untuk sisi pengguna. Contohnya Twitter, Facebook, Tokopedia, IG, dan Gmail mempunyai aplikasi web, aplikasi Android, dan aplikasi iOs. Aplikasi-aplikasi ini mengambil data dari server yang sama.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Kelebihan website

  1. Bisa dibuka di segala perangkat
    Teknologi browser saat ini merupakan teknologi yang sudah sangat umum, tiap komputer ada browser, tiap ponsel pintar ada browser
  2. Ramah terhadap perangkat dengan spesifikasi rendah
    Browser bisa berjalan di komputer atau ponsel dengan spesifikasi rendah. Dari ponsel dengan RAM 1GB bisa mengakses. Ini merupakan kelebihan yang sangat penting karena pengguna ponsel sebagian besar merupakan pengguna ponsel menengah ke bawah.
  3. Biaya pembuatan website lebih murah
    Pembuatan program website bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi lebih rendah sehingga lebih murah. Berbeda dengan aplikasi yang biasanya membutuhkan komputer dengan spesifikasi lebih tinggi. Bagi anda yang membutuhkan website, kami melayani jasa pembuatan website
  4. Tidak perlu menginstall
    Ini juga merupakan kelebihan website yang penting. Terlalu banyak aplikasi akan menyebabkan memori perangkat lebih cepat penuh sehingga kinerjanya menjadi lambat, bahkan untuk komputer/ponsel dengan spek tinggi. Terlalu banyak aplikasi yang di-install juga menyebabkan layar jadi penuh. Website tidak membutuhkan itu, hanya perlu broswer yang terinstall dan itu ada di setiap ponsel.

    Bagi perusahaan mempunyai website sangat penting agar profil perusahaan bisa menjangkau banyak kalangan dengan cepat. Bagi perusahaan yang ingin membuat website perlu mencari penyedia jasa pembuatan website perusahaan yang terpercaya, yang bisa membuat website sesuai kebutuhan perusahaan, website yang bagus secara SEO, responsive, dan ringan diakses.

  5. Lintas OS
    Website bisa berjalan lintas OS, baik Windows, Mac, Android, maupun Linux.
  6. Jika ada kekurangan di suatu bagian lebih cepat memperbaikinya, tidak menggangu bagian yang lain. Perbaikan juga bisa langsung dilihat oleh penunjung website. Berbeda dengan aplikasi, untuk meihat penambahan fitur pengguna harus melakukan update aplikasi dulu.

Kekurangan website

  1. Ada keterbatasan dalam mengakses fitur-fitur dalam ponsel. Untuk ponsel misalnya ada keterbatasan tidak bisa membaca contact, kamera, GPS, atau fitur ponsel lainnya.
  2. Lebih lambat jika dibandingkan aplikasi.
    Website membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil.
  3. Lebih mudah disusupi
    Dengan perantaraan browser menjadi lebih mudah kepada hacker untuk mengganggu sebuah website, misalnya dengan teknik SQL Injection. Ini berbeda dengan aplikasi yang proses tidak kelihatan, jadi lebih susah dibajak.

Kelebihan aplikasi

  1. Lebih stabil
    Kinerja aplikasi lebih stabil, bisa berjalan dengan koneksi internet yang lambat, bahkan bisa dibuat untuk berjalan secara offline.
  2. Lebih cepat
    Aplikas juga lebih cepat dalam memproses data. Coba bandingkan antara mengakses Twitter lewat aplikasi dengan mengakses Twitter lewat website, pasti lebih cepat lewa aplikasi.
  3. Mempunyai akses yang lebih luas terhadap fitur-fitur perangkat
    Aplikasi sudah lama bisa mengakses kamera, bluetooth, GPS, Contact, gallery, dll dari sebuah ponsel. Ini menjadi kelebihan bagi pengembang aplikasi untuk memanfaatkan fitus-fitur yang ada untuk memperkaya kemampuan aplikasinya.
  4. Lebih aman dari serangan hacker
    Aplikasi lebh aman dari serangan hacker, aplikasi tidak bisa di-deface atau diganggu dengan SQL Injection layaknya website yang menggunakan browser. Penyerang harus langsung berhubungan dengan server untuk mengganggu data aplikasi.

Kekurangan aplikasi

  1. Tidak fleksibel
    Aplikasi Android hanya bisa dipadang diperangkat Android, Aplikasi untuk Iphone hanya bisa dipasang di Iphone, dll. Berbeda dengan website yang bisa berjalan di banyak OS asal ada browser
  2. Harus menginstall
    Ini lebih ribet. Bayangkan misalnya ada 200 aplikasi, kalau semua harus diinstall maka memori perangkat menjadi cepat penuh, apalagi bagi ponsel dengan RAM kecil. Kalaupun anda mempunyai ponsel dengan RAM 16BG, tetapi meng-install 200 aplikasi akan membuat ponsel penuh dengan aplikasi.

    Mengutip katadata.co.id, jumlah aplikasi milik pemerintah saat ini mencapai 24.000.

    Bayangkan, kita punya lebih dari 24 ribu aplikasi. Setiap Kementerian dan Lembaga (K/L) itu punya database sendiri-sendiri,” kata Sri Mulyani dalam acara Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022-Advancing Digital Economy and Finance di Nusa Dua, Bali, Senin (11/7), seperti dikutip katadata.co.id

    Jumlah yang sangat banyak. Bisa dibayangkan repotnya kalau harus meng-install semua aplikasi tersebut. Inilah salah satu kekurangan aplikasi, harus di-install.

  3. Biaya pembuatan lebih mahal
    Pembuatan aplikasi membutuhkan komputer dengan spesifikasi lebih tinggi, artinya lebih mahal. Aplikasi juga termasuk tekonologi baru, bahkan beberapa bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi benar-benar baru jadi biaya untuk developernya juga biasanya lenih mahal. Ini berbeda dengan website yang sudah lebih lama berkembang
  4. Untuk penambahan fitur atau memperbaiki kekurangan pada aplikasi tidak bisa realtime, harus dicompile dulu, lalu pengguna harus melakukan update. Tidak semua pengguna sadar atau rajin update, jadi penambahan fitur baru pada aplikasi lebih susah

Website dan aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Website menjangkau lebih banyak kalangan, lebih inklusif, jadi gunakan website untuk target pengguna yang lebih beragam, lebih luas. Dari pemilik ponsel sederhana sampai ponsel flagship, dari pengguna Windows bajakan, Linux, sampai Mac bisa mengakses website. Di sini mempunyai website akan sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Untuk aplikasi lebih cepat dan lebih kaya fitur, ini bisa menarik pegguna yang membutuhkan fitur lebih banyak dan kinerja lebih cepat.

Perusahaan besar bisanya mempunya versi untuk website sekaligus untuk aplikasi. Dua jenis aplikasi ini bisa saling mendukung. Website digunakan untuk meluaskan pembaca/pengguna, aplikasi ditawarkan untuk pengalaman lebih kepada pengguna.

Tags


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *