Membuat website berita seperti kompas.com

admin   3/10/2023  diubah:8/09/2024 at 21:55  

Website berita kompas.com termasuk website kategori portal berita. Website tersebut menggabungkan banyak fungsi, layanan, atau halaman menjadi kesatuan webstite.

Di kompas.com berita yang dikelompokkan ke dalam banyak kategori. Masing-masing kategori merupakan bagian dari kategori besar (desk berita). Kompas.com mempunyai kategori besar yang dikelompokkan dalam subdomain tersendiri, misalnya otomotif.kompas.com, lifestyle.kompas.com, tekno.kompas.com, property.kompas.com, edukasi, money, umkm, video, dll.

Kompas.com juga mempunyai layanan blog yang merupakan “user generated content” (UGC) bernama kompasiana.com.

Kemudian ada juga layanan iklan baik milik jaringan kompes maupun layanan dari luar (misalnya: Google Adsense).

Masing-maisng kategori besar tersebut mempunyai halaman home page/utama sendiri. Masing-masing kategori besar juga mempunyai kategori sendiri. Biasanya untuk media sebesar kompas.com masing-masing sub domain tersebut dikelola oleh tim sendiri (desk/departemen/bagian).

Semua berita dari layanan-layanan tersebut digabungkan oleh aplikasi kompas.com sehingga membentuk satu kesatuan informasi. Pengunjung bisa menemukan kompas melalui banyak kata kunci, misalnya wisata, olahraga, politik, teknologi, gadget, dll.

Untuk media sebesar kompas.com tentu memupunyai sumber daya yang banyak untuk menyediakann informasi dari berbagai kategori/niche. Kompas.com termasuk website berita Indonesia dengan pengunjung terbanyak.

Bagaimana membuat website berita seperti kompas.com? Atau anda ingin membuat website berita dengan fungsi seperti kompas.com. Kami bisa membuatkannya.

Tentu yang diambil adalah fungsi-fungsi pokok dari website berita: misalnya menampilkan berita, pengaturan halaman, pengaturan iklan, dan pengaturan akun wartawan.

Sebagai sebuah aplikasi website, harga pembuatan dan perawatan website kompas.com sangat mahal. Dengan jumlah pengunjung yang ratusan juta per bulan kompas.com membutuhkan server yang handal agar bisa melayani banyak pengunjung.

Jika ada ingin membuat website berita seperti kompas.com, anda bisa mengambil pokok-pokoknya saja. Ada wesite utama, ada website anak.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat website seperti kompas.com?

Yang pertama nama domain.

Pilih nama domain yang menggambarkan website berita. Biasanya menggunakan news atau berita.

Misalnya anda ingin membuat website berita dengan domain: berita55.com.

Website ini akan mempunyai 5 desk/kategori besar misalnya: nasional, olahraga, teknologi, wisata, kuliner, dan blog.

Masing-masing bagian/desk bisa menggunakan subdomain sendiri,

misalnya:
nasonal.berita55.com
olahraga.berita55.com
teknologi.berita55.com
wisata.berita55.com
kuliner.berita55.com
dan blog.berita55.com

Masing-masing bagian bisa mempunyai tim sendiri dengan tergabung dengan tim induk. Untuk manajemen berita bisa dilakukan di masing-masing bagian. Dengan pengaturan seperti ini, maka tim akan lebih rapi karena dikumpulkan berdasarkan kategori. Manajemen berita juga lebih efektif karena masing-maisng ada tim sendiri. Tinggal menambahkan editor/redaktur atau bagian iklan yang bisa mengakses semua bagian.

Yang kedua hosting
Sebagai permulaan bisa menggunakan shared hosting, tapi dengan bandwidth yang besar karena ini seperti 5 website dijadikan 1. Lebih bagus menggunakan virtual private server (VPS).

Setelah pengunjung semakin banyak, nanti kapasitas dan bandwidth bisa ditambah. Kalau VPS sudah tidak bisa menangani, bisa menggukan dedicated server, menyewa satu server khusus untuk website.

Tim pengisi website
Website berita membutuhkan kecepatan update dan banyaknya berita sehingga kelihatan perubahannya, ini membutuhkan tim yang siap mengisi. Membuat website berita yang serius harus mempunyai tim penulis dan wartawan yang serius.

Admin web
Website berita juga sebaiknya mempunyai admin website yang berpengalaman. Tugasnya memantau kalau ada kegagalan script, update software, ada gangguan dari hacker, menangani settingan website, dll. Admin website juga bertugas melakukan komunikasi dengan penyadia hosting apabila website ada gangguan. Selain itu, admin website juga bertangungjawab melakukan backup rutin terhadap website, sehingg kalau terjadi kerusakan sistem maupun hardware yang mengakibatkan kehilangan data, masih ada data backup.

Anda ingin membuat website berita seperti kompas.com?
Hubungi kami.
Kami melayani jasa pembuatan website berita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *