Faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan Adsense

admin   14/08/2023  diubah:7/09/2024 at 21:57   2

Adsense merupakan program periklanan Pay Per Click (PPC). Pemilik websie dibayar atas tiap klik iklan adsense yang tampil di website miliknya. Semakin banyak klik semakin banyak penghasilan yang diterima publisher.

Untuk mendapatkan banyak klik berarti harus mempunyai pengunjung yang banyak. Jadi, faktor pertama yang memengaruhi pendapatan Adsense adalah jumlah pengunjung website.

Ini masuk akal, semakin banyak pengunjung, maka peluang pengunjung mengklik iklan yang tampil akan semakin besar. Ini faktor secara tidak otomatis, karena bisa saja ada 10000 tayangan tapi tak satupun klik iklan. Masih perlu dua faktor lain untuk menghitung besarnya pendapatan Adsense.

Tidak semua yang mengunjungi halaman website mengklik iklan. Kalau dibuat perhitungan, ada persentase antara jumlah pengunjung dengan jumlah klik iklan Adsense. Untuk hal ini ada istilah namanya CTR (click-through rate) atau rasio-klik tayang.

Jadi CTR adalah persentase jumlah klik Adsense dari tayangan iklan. Mislanya, setiap 100 tayangan ada 5 klik, berarti nilai CTR adalah 5%. Nilai CTR rata-rata website itu sekitar 1-2%.

Kemudian dari setiap klik, pemilik website akan mendapatkan bayaran sesuai kemampuan pemilik iklan. Untuk Adsense di Indonesia, nilai per klik terbilang kecil, seitar 0,01-0,1 Dolar. Atau 150 – 1500rupiah. Ini namanya nilai cost per klik (CPC). Uang yang didapatkan dari setiap klik iklan Adsense di website anda.

Sudah ada jumlah pengunjung/view, nilai CTR, nilai CPC. Ini bisa menjadi dasar penghitungan memperkirakan pendapatan adsense.

Rumusnya:
Pendapatan adsense = Jumlah iklan tampil (impression) x nilai CTR x nilai CPC

Misalnya anda mempunyai website dengan kunjungan 30ribu perbulan.

Anggap saja jumlah tayangan iklan 30ribu.
CTR 2%, lalu CPC 0,1 Dolar.

Pendapatan adsense anda = 30000 x 0,1 x 2% = 60dolar aau sekitar 900ribu rupiah. Ini belum memenuhi persyaratan minimum 100dolar untuk bisa ditarik,

Bagaimana meningkatkan pendapatan adsense?

Untuk jumlah kunjungan merupakan syarat mutlak, semakin tinggi pengunjung semakin besar peluang mendapatkan peghasilan adsense.

Untuk nilai CTR dipengaruhi penempatan iklan adsense, apakah tengah tulisan, di bawah judul, di bagian footer, disidebar, dll. Ini memerlukan percobaan untuk mendapatkan angka CTR yang lebih tinggi. Secara teori, penempatan iklan di atas akan meningkatkan peluang diklik.

Nilai CPC itu tergantung target negara atau bahasa. Kalau targetnya Amerika Serikat atau Uni Eropa nilai CPC lebih besar. Jadi blog berbahasa Inggris dengan target Amerika Serikat mempunyai peluang mendapatkan adsense dengan nilai lebih besar dari blog bebahasa Indonesia.

Selain target negara ada yang namanya HPK atau high paying keyword. Ini adalag kata kunci dengan harga iklan yang tinggi dari kata kunci umum. Kata kunci asuransi, pinjaman, teknologi mempunyai harga yang lebih tinggi. Cari kata kunci yang harganya lebi tinggi,

Itulah faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan adsense.



2 thoughts on “Faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan Adsense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *