Membuat website berita dengan WordPress

admin   4/08/2023  diubah:8/09/2024 at 21:57  

Membuat website berita dengan WordPress
Website berita cepat

WordPress merupakan CMS yang handal untuk membuat aneka jenis website, termasuk website berita. Website berita online seperti kompas.com, detik.com, liputan6.com, tribunnews.com, okezone.com bisa dibuat menggunakan WordPress.

CMS atau content management system atau tepatnya website CMS adalah software yang dirancang untuk menjalankan fungsi-fungsi sebuah website. CMS dilengkapi kemampuan mendesain sebuah wesbite tanpa menulis kode program (koding). Karena kemudahan dan kecanggihan WordPress, banyak sekali website yang dibangun dengan WordPress.

Mengutip Mobiloud, WordPress menguasai 64.3% website yang menggunakan CMS. Jumlah website yang menggunakan WordPress sekitar 35juta website. Sementara persentase website yang menggunakan WordPress adalah 43% untuk semua website baik CMS maupun non CMS.

Wajar WordPress banyak digunakan, dari pemilik blog pribadi sampai media besar. WordPress yang awalnya mesin blog, kini menjadi mesin aneka jenis website, dari website pribadi, webite berita, toko online, media sosial, portal berita, dll.

Contoh website berita yang menggunakan WordPress

  1. buzzfeed.com
  2. techcrunch.com
  3. mashable.com
  4. www.huffpost.com
  5. businessinsider.com
  6. gizmodo.com
  7. fortune.com/

Dengan WordPress anda bisa membuat website dengan klik dan ketik. Apalagi di layanan hosting sebagian besar sudah mendukung instalasi dengan klik, tinggal klik, masukkan data user, nama website pilih theme, maka sebuah website berbasis WordPress sudah jadi.

Website tersebut bisa segera diisi dan digunakan sebagai blog pribadi, website jualan, website company profile, dll.

Bagaimana mengubah website WordPress menjadi website berita?

Website berita sama saja dengan website lain, ada halaman, tulisan (post), kategori, user, dll.

Anda bisa menggunakan webstite WordPress dengan tampilan blog dan dijadikan website berita. Tetapi terlihat kurang profesional. Blog biasanya mempunyai layout tulisan berurutan dari atas ke bawah, semua tulisan dari berbagai kategori berada dalam satu bagian. Ini akan menyulitkan pencarian bila website mempunyai banyak kategori.

Website berita mempunyai tampilan halaman muka yang dipisah-pisah berdasar kategori atau section.

Jadi yang membedakan adalah tampilan halaman.

Misalnya berita penting yang ditampilkan dengan foto besar (headline), ada daftar berita terdahulu, ada tampilan berita untuk kategori lain. Website berita biasanya mempunyai banyak kategori, misalnya kategori nasional, politik, hukum, sosial, budaya, teknologi, wisata, kuliner, hiburan, olah raga, gadget, luar negeri, dll. Tergantung ketersediaan SDM yang mengelola.

Untuk membuat website berita menggunakan WordPress prosesnya sama dengan membuat website jenis lain.

Berikuat langkah-langkah membuat website berita dengan WordPress

  1. Install WordPress
    Untuk menginstall WordPress di komputer lokal anda harus mengunduh filenya di situs WordPress.org

    Untuk menginstall WordPress di hosting, sudah ada tool install otomatis. Ada di Softaculous Apps Installer, tinggal pilih WordPress dan ikuti langkah-langkahnya.

  2. Install theme berita
    Biasanya namanya ada kata Magazine theme. Tersedia banyak theme gratis, anda bisa memilih salah satu. Theme tersedia di website WordPress.org.
  3. Install plugin
    Plugin WordPress yang sering digunakan adalah:

    • Wp-Pagenavi untuk penomoran halaman archive
    • Google XML Sitemap untuk membuat file stitemap
    • Contact Form untuk membuat form kontak
    • Plugin SEO (misalnya: Yoast SEO, All in one SEO Pack) untuk membuat struktur halaman yang SEO ready.
    • Plugin banner untuk manajemen banner iklan
    • Plugin cache sepert WP Super cache untuk cahing halaman agar lebih cepat diakses.
  4. Buat kategori berita
    Buat kategori berita yang dibutuhkan, misalnya: politik, hukum, ekonomi, olahraga, hiburan, sosial, teknologi, otomotif, kolom, dll.
  5. Mulai menulis isi berita

Dengan WordPress anda bisa membuat website berita dengan mudah. Banyak theme dan plugin gratis tersedia di situs WordPress. Kalau anda kurang puas, ingin tampilan dan fungsionalitas yang lebih, anda bisa menghubungi kami untuk memesan website berita.

Kami akan membautkan website berita yang canggih, desain modern, responsive, SEO ready, sehingga website siap bersaing di dunis internet. Setelah website berita menjaid ramai, anda bisa mendapatkan penghasilan dari website.

Kami mempunyai layanan Jasa Pembuatan Website berita


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *