Membuat website berita seperti detik.com

admin   6/10/2023  diubah:8/09/2024 at 21:54  

Detik.com merupakan salah satu website berita pertama yang ada di Indonesia. Detik.com adalah media berita yang hanya menyajikan berita online, tidak mempunyai media cetak.

Mengutip wikipedia,detik.com didirikan tanggal 9 Juli 1998, berarti 2 bulan paska kejatuhan Suharto. Detik.com didirikan mantan wartawan DeTik Budiono Darsono, Yayan Sopyan, dan Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi.

Nama detik.com diambil dari nama tabloid DeTik yang didirikan pada tahun 1977 sebelum akhirnya dibredel pada tahun 1994. Semula peliputan utama detik.com terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detik.com juga menyajikan berita hiburan, dan olahraga. (wikipedia)
Data dari similarweb.com, deti.com menjadi website berita degan pengunjung terbanyak. Pengunjung detik.com adalah 156juta kunjungan per bulan. Ini adalah angka perkiraan dari layanan pihak ketiga, angka sebenarnya bisa lebih rendah atau lebih tinggi.

Sebagai media online besar, detik.com mempunyai tim yang banyak dan terbagi dalam banyak tim. Ada yang mengurusi isu politik, ekonomi olahraga, budaya, wisata, ada yang mengurusi iklan, sosial media, dll.

Detik.com juga merupakan portal berita. Sesuai namanya, portal merupakan gerbang. Jadi detik.com merupakan gerbang untuk mengakses banyak layanan yang disediakan oleh detik.com.

Yang kita lihat adalah satu alamat/website memuat banyak layanan. Tapi didalamnya ada teknologi rumit ynag mengatur bagoan per bagian menampilkan hasil sesuai bagiannya dan tersambung dengan halaman utama portal.

Di detik.com berita dikelompokkan ke dalam banyak kategori. Masing-masing kategori merupakan bagian dari kategori besar (desk berita). detik.com mempunyai kategori besar yang dikelompokkan dalam subdomain tersendiri, misalnya
oto.detik.com, food.detik.com, sport.detik.com, inet.detik.com, finance.detik.com, forum.detik.com, website untuk biro daerah, dll.

Detik.com juga mempunyai layanan forum yang merupakan “user generated content” (UGC).

Kemudian ada juga layanan iklan baik milik jaringan sendiri maupun layanan dari luar (misalnya: Google Adsense).

Masing-masing kategori besar tersebut mempunyai halaman home page/utama sendiri. Masing-masing kategori besar juga mempunyai kategori sendiri. Biasanya untuk media sebesar detik.com masing-masing sub domain tersebut dikelola oleh tim sendiri (desk/departemen/bagian).

Semua berita dari layanan-layanan tersebut digabungkan oleh aplikasi detik.com sehingga membentuk satu kesatuan informasi. Pengunjung bisa menemukan detik.com melalui banyak kata kunci, misalnya wisata, olahraga, politik, teknologi, gadget, dll.

Untuk media sebesar detik.com tentu memupunyai sumber daya yang banyak untuk menyediakann informasi dari berbagai kategori/niche. detik.com termasuk website berita Indonesia dengan pengunjung terbanyak.

Bagaimana membuat website berita seperti detik.com? Atau anda ingin membuat website berita dengan fungsi seperti detik.com.

Kami bisa membuatkannya.

Untuk membuat website berita seerti detik.com, anda bisa mengambil fungsi-fungsi pokoknya saja, misalnya menampilkan berita, pengaturan berita di subdomain, pengaturan halaman, menampilkan berita di halaman muka, pengaturan iklan, dan pengaturan akun wartawan.

Sebagai sebuah aplikasi website dengan pengunjung yang besar, harga pembuatan dan perawatan website detik.com sangat mahal. Banyak teknologi dibaliknya untuk mengatur banyak fungsi dan layanan. Dengan jumlah pengunjung yang ratusan juta per bulan detik.com membutuhkan server yang handal agar bisa melayani banyak pengunjung.

Jika ada ingin membuat website berita seperti detik.com, anda bisa mengambil pokok-pokoknya saja.
Ada wesite utama, ada website anak.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat website seperti detik.com?

Yang pertama nama domain

Pilih nama domain yang menggambarkan website berita. Biasanya menggunakan news atau berita. Misalnya anda ingin membuat website berita dengan domain: berita77.com.

Website ini akan mempunyai 7 desk/kategori besar misalnya: nasional, olahraga, teknologi, wisata, kuliner, dan blog.

Masing-masing bagian/desk bisa menggunakan subdomain sendiri,

misalnya:

  • nasonal.berita77.com
  • olahraga.berita77.com
  • teknologi.berita77.com
  • wisata.berita77.com
  • kuliner.berita77.com
  • daerah.berita77.com
  • blog.berita77.com

Masing-masing bagian bisa mempunyai tim sendiri dengan tergabung dengan tim induk. Untuk manajemen berita bisa dilakukan di masing-masing bagian. Dengan pengaturan seperti ini, maka tim akan lebih rapi karena dikumpulkan berdasarkan kategori. Manajemen berita juga lebih efektif karena masing-maisng ada tim sendiri. Tinggal menambahkan editor/redaktur atau bagian iklan yang bisa mengakses semua bagian.

Yang kedua hosting
Hosting yang handal sangat penting untuk wesbite berita. Website berita yang ramai membutuhkan hosting yang handal dan selalu online. Ketika ada berita yang viral biasanya akan banyak pengunjung yang mengakses dalam waktu bersamaan, kalau server tidak kuat bisa down.

Untuk hosting lebih bijaksana menggunakan kapasitas dan kemampuan sesuai kebutuhan. Sebagai permulaan bisa menggunakan shared hosting, tapi dengan bandwidth yang besar karena ini seperti 7 website dijadikan 1. Lebih bagus menggunakan virtual private server (VPS).

Setelah pengunjung semakin banyak, nanti kapasitas dan bandwidth bisa ditambah. Dari shared hosting ditingkatkan ke VPS, kemudian kalau VPS sudah tidak mencukupi, bisa menggunakan dedicated server, menyewa satu server khusus untuk website.

Tim pengisi website
Website berita membutuhkan kecepatan update dan banyaknya berita sehingga kelihatan perubahannya, ini membutuhkan tim yang siap mengisi. Media online dilihat dari kecepatan menyampikan berita. Ada suatu peristiwa di suatu tempat, beberapa menit kemudian sudah bisa muncul beritanya walaupun berita yang disampaikan masih sedikit. Seiring waktu data ditambah dn diperbarui. Ini berbeda dengan media cetak jaman dulu, peristiwa sekarang baru bisa dilihat di koran besok.

Membuat website berita yang serius harus mempunyai tim penulis dan wartawan yang serius.

Admin web

Admin website terbagi menjadi dua, admin jaringan yang menangani seluruh website, dan admin per bagian 9sub domain) untuk manajemen berita. Website berita juga sebaiknya mempunyai admin website yang berpengalaman. Tugasnya memantau kalau ada kegagalan script, update software, ada gangguan dari hacker, menangani settingan website, dll. Admin website juga bertugas melakukan komunikasi dengan penyedia hosting bila hosting mengalami gangguan.

Selain itu, admin website juga bertangungjawab melakukan backup rutin terhadap website, sehingga kalau terjadi kerusakan sistem maupun hardware yang mengakibatkan kehilangan data, masih mempunyai backup data.

Anda ingin membuat website berita seperti detik.com? Untuk membuat website seperti detik.com bisa menggunakan WordPress. WordPress sangat handal untuk membuat website portal berita. Ada website utama untuk menampilkan seluruh tulisan, ada website anak (sub domain maupu sub folder) untuk menampilkan berita berdasarkan desk/kategori.

WeordPress juga bisa menangani manajemen banyak website dengan satu instalasi. Ada admin utama yang bisa mengakses selutuh website, ada admin website yang mengurusi website bagiannya.

Untuk membuat wesbite berita seperti detik.com anda bisa menghubungi kami. Kami melayani jasa pembuatan website berita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *