Peluang Adsense untuk web berbahasa Indonesia

admin   14/08/2023  diubah:7/09/2024 at 21:55  

Website berbahasa Indonesia berpeluang mendapatkan penghasilan dari adsense, asal dikelola dengan seius. Adsense merupakan program periklanan yang terbukti membayar. Memang harus serius, untuk bisa menghasilkan dari adsense, website harus mempunyai pengunjung yang banyak. Inilah perlunya keseriusan.

Website berbahasa Indonesia memang mempunyai tantangan tersendiri untuk menghasilkan dari adsense. Ini salah satunya karena nilai CPC (cost per click) Indonesia termasuk rendah, sekitar 0,01-0,1 dolar.

Tapi bahasa Indonesia adalah bahasa yang kita kuasasi, itu yang bisa dimanfaatkan. Menggunakan bahasa Indonesa tinggal mengasah kemampuan menulis, sementara kalau menggunakan bahasa Inggris atau Perancis harus belajar bahasa dulu, lalu belajar menulis. Jadi dobel belajar.

Bagi website berbahasa Indonesia yang ingin mendapatkan penghasilan yang memadai dari adsense harus mempelajari SEO (search engine optimization). Yaitu upaya untuk menjadikan website menpunyai posisi pencarian yang bagus di halaman pencarian (Google). Posisi bagus di halaman pencarian adalah berada di halaman 1.

SEO itu bukan trik layaknya mantra begitu diterapkan langsung ada hasilnya. Trik itu usaha menyeluruh, dari pembuatan konten, pemilihan kata kunci, optimasi struktur website, mengenalkan website ke media sosial, mengenalkan website ke semakin banyak orang sehingga menghasilkan website yang lebih dikenal, lebih dianggap, dan akhirnya menjadi website sumber referensi terpercaya.

Berapa jumlah pengunjung yang dibutuhkan agar mendapatkan penghasilan adsense yang memadai?

Untuk situs berbahasa Indonesia memang memerlukan usaha lebih keras. Misalnya dengan CPC 0,05dolar, CTR 2%, untuk medapatkan 10 dolar perhari memburuhkan tayangan sekitar 10ribu impresi per hari. Ini akan menghasilkan 300dolar sebulan yang baru sama dengan gaji UMR.

Untuk mendapatkan hasil adsense 300dolar sebulan, bisa merupakan perjuangan yang berat, terus menerus dan lama.

Ini bisa didapatkan dengan menerapkan SEO yang optimal. Mengisi konten terus menerus, memperbaiki konten lama, membuat konten baru, menganalisis kata kunci apa yang banyak dicari, dll.

Tapi peluang itu ada, selama berusaha dan terus menerus. Kalau sudah tercapai, maka adsense bisa menjadi penghasilan pasif bagi anda. Untuk mencapai itu memang membutuhkan perjuangan yang berat dan konsisten.

Jadi, bagi anda yang hobi menulis, daripada dibuang atau hanya dituangkan di media sosial yang kemudia hilang, tuangkan dalam blog atau website. Semakin lama akan semakin banyak tulisan, sehingga semakin banyak peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Satu tahun, dua tahun, atau lima tahun terus menulis. Sampai adsense menjadi penghasilan pasif melalui website.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *