Mengenal Google Adsense

admin   14/08/2023  diubah:18/08/2023 at 14:43  

Adsense adalah program periklanan milik Google yang ditujukan untuk publisher website atau blog mendapatkan penghasilan dari tulisan yang dibuatnya. Bagi pemilik website yang mendaftar adsense dan diterima bisa memasang script iklan Adsense di situsnya. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka pemilik website akan mendapatkan bayaran.

AdSense bekerja dengan mencocokkan iklan dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Siapa yang membayar Adsense? Iklan Adsense dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka. Jumlah pembayaran per klik bervariasi tergantung kemampuan pengiklan menyediakan anggaran. Adsense akan memilih pembayar terbesar dalam kategori tertentu untuk tampila di jarinagn Adsense.

Program yang memberikan pembayaran dari setiap klik iklan disebut Pay Per Click (PPC). Semakin banyak klik, semakin besar penghasilan pemilik website.

Kelebihan iklan PPC adalah, pengiklan hanya membayar kalau ada klik ke iklannya. Ini menguntungkan bagi pengiklan dengan modal terbatas sehingga bisa mengalokasikan anggaran iklan sesuai kemampuan.

Mengutip Wikipedia Program Google AdSense diluncurkan bulan 2003. Sebelumnya Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Pyra Labs adalah perusahaan yang membuat sistem blog bernama Blogger. Dengan Blogger, orang bisa membuat blog secara gratis.

Setelah mengakuisisi Pyra Labs, pada 4 Maret 2003 Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense.

Pengguna Blogger/Blogspot bisa mendaftarkan blognya dalam program Adsense dan mendapatkan peghasilan dari setiap klik iklan.

Blogger/blogspot merupakan cara paling murah bagi anda yang ingin mendapatkan uang dengan adsense. Blogspot itu gratis, berbeda dengan website yang harus membayar baya domain dan hosting.

Dengan Blogpsot, anda bisa mendapatkan uang dengan Adsense.
Cara mendaftar Adsense

Untuk mendaftar Adsense Anda harus mempunyai blog atau website dan sudah ada pengunjung harian rutinnya. Misalnya blog dengan pengunjung harian 50 bisa didaftarkan Adsense.

Untuk membuat website Anda bisa memilih pilihan sebaga berikut

1. Blogger/Blogspot
Ini layanan milik Google. Dengan Blogspot anda bisa membuat webste/blog secara gratis. Ini sangat menarik bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari Adsense tapi tidak mepunyai cukup uang untuk menyewa hosting.

Dengan Blogpost, Anda bisa membuat aneka jenis blog/website. Bisa blog pribadi, website berita, website review teknologi, website review produk, website tutorial, dll.

Untuk menaikkan kepercayaan pembaca, anda bisa menyewa domain saja lalu menghubungkan ke Blogpsot anda sehingga mempunyai domian sendiri. Dengan domain, orang cukup mengetik domainanda.com daripada domainanda.blogspot.com, jadi lebih ringkas.

Harga langganan domain per tahun lebih murah dari hosting. Anda bisa memilih domain yang murah misalnya web.id atau my.id. Domain my.id harganya berkisar 10ribu – 25 ribu per tahun. Dengan 50ribu – 100ribu anda bisa menyewa domain my.id untuk 5 tahun.

Kelebihan Blogspot

  • Gratis
  • Fitur cukup lengkap untuk membuat blog
  • Bisa untuk membuat aneka jenis website

Kekurangan Blogspot

  • Kurang leluasa dalam pengembangan website, karena anda hanya bisa mengakses antar muka.
  • Untuk Blogspot dengan nama subdomain terlihat kurang meyakinkan.
  • Fitur tidak selengkap website dengan hosting sendiri

2. Website hosting sendiri
Untuk membuat website anda membutuhkan nama domain dan hosting. Saat ini banyak penyedia hosting yang murah, sekita 150ribu per tahun, mirip harga domain. Anda bisa memulai dengan membeli domain dan hosting dengan kapasitas secukupnya. Seriring waktu, ketika jumlah tulisan bertambah, kapasitas hampir penuh, anda bisa menambah kapasitas hosting.

Dengan menyewa hosting dan domain sendiri, anda mempunyai akses penuh terhadapnya. Anda bisa mempunyai website dengan fungsi sesuai kebutuhan, asal anda tahu cara mengembangkannya.

Untuk memulai anda bisa memilih CMS WordPress. Ini cukup untuk membuat blog atau website berita. WordPress juga lebih ramah terhadap hosting murah. Untuk hosting WordPress, anda bisa menyewa hosting 1GB.

Atau bisa memilih Textpattern CMS yang lebih ringan.

Ada juga CMS lain seperti Drupal dan Joomla yang membutuhkan spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

Jika anda menggunakan CMS WordPress, tersedia banyak theme gratis dengan berbagai tema. Ini sudah cukup bagi anda untuk memulai menjalankan website. Anda bisa mengembangkan website anda pelan-pelan mengikuti kebutuhan konten.

Kalau anda tidak mempunyai keahlian dalam membuat website dengan WordPress, anda bisa memesan kepada kami. Kami melayani jasa pembuatan wesbite.

Setelah anda mempunyai blog atau website, silakan diisi dengan isi sesuai tema blog anda. Bisa catatan pribadi, berita, review perangkat, cerita lucu, dll. Setelah mendapatkan pengunjung rutin, anda bisa mendaftarkan website eke Adsense.

Caranya, kunjungi website Google Adsense, daftar, lalu ikuti langkah-langkahnya. Pendaftaran Adsense gratis.

Setelah itu anda bisa mendaftarkan website milik anda dalam program Adsense. Butuh beberapa hari bagi Google untuk mereview website anda apakah website anda layak atau tidak. Kalau diterima, maka anda bisa memasang script Adsense sehingga iklan Adsense akan tampil di website anda.

Sebelum disetujui, walaupun anda memasang sctipt, iklan tidak akan muncul.

Setelah tahap ini, perjuangan anda adalah membuat tulisan sebaik-baiknua agar dibaca banyak orang sehinga peluang iklan adsense di website anda diklik semakin besar. Dengan itu, peluang pendapatan Adsense anda akan semkain besar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *