Menggunakan Google Form untuk membuat formulir pendaftaran sekolah

admin   16/07/2023  diubah:7/09/2024 at 22:43  

Menggunakan Google Form untuk membuat formulir pendaftaran sekolah
Google Form untuk form pendaftaran sekolah. azimat.id

Google Form bisa digunakan untuk membuat sistem pendaftaran sekolah secara online. Dengan menggunakan Google Form, calon murid bisa mendaftarkan secara online. Pendaftaran bisa menggunakan ponsel pintar, tamplet, laptop, maupun komputer meja.

Formulir pendaftaran sekolah dengan Google Form juga praktis, aman karena data tersimpan di layanan cloud Google Sheet, bisa diolah secara online maupun diunduh untuk diolah di komputer lokal. Pengolahan data juga bisa dilakukan oleh beberapa orang yang diberi hak akses bersama-sama.

Google Form untuk sistem pedaftaran sekolah bisa menghimpun data nama siswa, asal sekolah, data siswa, lokasi, foto, lampiran nilai, dll.

Dari formulir pendaftaran ini bisa di-generate surat bukti pendaftaran dan status diterima atau ditolak.

Bagaimana menggunakan Google Form sebagai formulir pendaftaran sekolah online?

Prosesnya sama dengan pembuatan formulir lainnya, hanya jumlah isiannya yang berbeda.

Untuk contoh pembuatan Google Form silakan baca contoh berikut:

Data yang terkumpul dari pendaftaran calon siswa bisa dijadikan data master. Data ini bisa diolah dengan fungsi atau rumus Googe Sheet untuk menghasilkan rekap data siswa yang memenuhi syarat dan yang tidak.

Dari data master calon siswa ini bisa digenerate surat bukti pendaftaran dan status diterima atau ditolak sebagai siswa.

Pembuatan bukti pendaftaran bisa disetting secara otomatis begitu siswa menekan tombol kirim, bukti pendaftaran akan dikirimkan melalui email.

Sementara untuk status diterima atau tidak bisa dilakukan dengan 2 cara:

  1. Admin yang mengirimkan ke email masing-masing. Ini bisa dilakukan dengan fungsi, jadi bisa mengirmkan secara masal.
  2. Calon siswa bisa melihat status kelulusan dengan form tambahan, misalnya dengan memasukkan nomor pendaftaran. Maka status pendaftaran akan dikirimkan melalui email terdaftar.

Demikian salah satu contoh penggunaan Google Form untuk meambuat sistem pendaftaran sekolah secara online. Google Formulir itu fasilitas gratis dari Google yang terhubung ke layanan cloud office Google seperti Google Docs, Google Sheets, atau Google Impress.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *