Cara memenangkan SEO

admin   15/07/2023  diubah:1/08/2023 at 21:18  

SEO itu perang memperebutkan posisi di halaman mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Banyak sekali peserta peperangan SEO, dari website raksasa dengan senjata modern dan canggih, sampai website kecil dengan senjata seadanya.

Dengan persaingan yang sengit memang susah memenangkan persaingan SEO, apalagi kalau anda pendatang baru, juga belum begitu paham SEO.

Sebenarnya yang menjadi penyebab kemenangan bukan lama atau baru, tetapi website lama yang dikerjakan dengan baik mempunyai waktu yang lebih panjang, artinya bisa menghasilkan tulisan berkualitas lebih banyak.

Ini berkaitan dengan konsep E-A-T (expertise, authority, Trustworthiness). E-A-T sendiri bukan faktor penentu ranking Google, E-A-T adalah sesuatu yang harus dicapai oleh pemilik website.

Expertise atau keahlian. Website yang ditulis oleh orang berpengalaman dianggap keahlian. Tulisan dari ahli akan dianggap berbobot dan punya nilai, sehingga banyak yang menjadikannya rujukan. Ini akan menaikkan reputasi website.

Keahlian akan mendatangkan authority atau reputasi. Dengan semakin banyak tulisan berbobot dan dijadikan rujukan oleh banyak website akan menaikkan reputasi website tersebut. Ini yang menjadi pertimbangan Google.

Website yang merujuk akan memberikan link (inbound link) kepada website yang dirujuk. Dari sisi pengguna saja hal ini sudah bisa menaikkan reputasi. Dari sisi SEO, memberikan link ke suatu website adalah sebuah pengakuan akan kualitas website tersebut, yang akhirnya akan menaikkan reputasi website.

Reputasi yang baik akan mendatangkan kepercayaan atau trustworthyness. Banyak konten berjualitas, banyak yang mengutip, akhirnya website dianggap sebagai sumber yang layak dipercaya.

Itulah konsep E-A-T dalam SEO.

Itulah sebabnya bagi website baru sangat sudah untuk menggeser website lama dalam memperebutan kata kunci tertentu.

Apa yang harus dilakukan untuk memenangkan SEO?

Dalam SEO anda tidak harus memenangkan kata kucni tertentu. Dalam pemasaran digital yang paling penting adalah aanda bisa menjual.

Ada istilah: Banyak jalan menuju Roma

Artinya untuk mencapai kesuksesan tidak harus melewati jalan yang sama.

Misalnya website anda mempunyai layanan di bidang Jasa Pembuatan website, kemudian mendapati kata kunci ini sudah dikuasai para pemain lama. Apalagi para pembuat website sudah pasti menguasai SEO baik teori maupun pengalaman. Jadi sangat susah untuk menggeser.

Yang bisa dlakukan adalah menggeser target anda. Lewat jalan samping, atau berutar lalu melewati jalan belakang.

Kalau kata kunci utama sudah dikuasasi pemain kuat, cari kata kunci turunan yang lebih rendah persaingannya, misalnya: jasa pembuatan website WordPress, jasa pembuatan website Karawang, Jasa pembuatan website SMK, dll. Kemudian perbanyak tulisan yang membahas kata kunci tersebut.

Mungkin kata kunci yang dipilih sedikit peminatnya atau sedikit volume pencariannya. Tidak apa-apa, yang penting bisa menang dulu.

Gambarannya, menang satu satu kata kunci dengan 10.000 volume nilainya sama dengan menang 10 kata kunci yang masing-maisng volume pencariannya 100.

Itulah sedikit gambaran cara memenangkan persaingan SEO tahun 20203. SEO 2023 berbeda dengan SEO 10 tahun lalu. Kata Google ini merupakan upaya Google mengurangi website-website sampah yang hanya menyebar kata kunci.

Jadi yang akan tersaring adalah website yang isinya berkualitas.

Untuk membuat website yang isinya berkualitas memerlukan waktu, tenaga, biaya yang besar.

Jadi kalau anda tidak mempunyai uang yang banyak perlu modal tambahan: bekerja keras dan sabar. Misalnya, kalau kondisi normal membuat 5 tulisan per bulan dipadatkan menjadi menulis 5 tulisan per minggu. Dan tetap berkualitas.

Itulah cara memenangkan SEO.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *