SEO warung kopi

admin   15/07/2023  diubah:1/08/2023 at 21:13  

Untuk belajar SEO harus membaca tutorial SEO dari para praktisi dan ahli. Banyak artikel SEO yang berbahasa Inggris, jadi belajar bahasa Inggris adalah perlu. Di samping pengalaman para ahli dan praktisi SEO, dengan penjelasan dan pengalaman empiris, SEO juga dipenuhi dengan rumor-rumor.

Kalau di keseharian, anda tidka asing dengan istlah “obrolan warung kopi”, maka di tulisan ini kami aan membahas mengenai SEO warung kopi.

Ada banyak rumor, desas-desus, katanya, kabar burung dalam dunia per-SEO-an. Ada informasi yang belum jelas kebenarannya, tetapi dipercaya oleh banyak orang.

Ya SEO memang misterus. Seorang ahli yang bertahun-tahun mempelajari SEO saja pasti pernah mengalami kesulitan mempelajari prilaku mesin pencari (Google). Apalagi kalau Google baru memperbarui algoritmanya. Banyak situs terdampak, dan para praktisi SEO bertanya-tanya dan menduga-duga. Di sinilah banyak rumor SEO beredar.

Mari kita bahas informasi-informasi seputar SEO.

Google sandbox
Banyak rumor beredar Google mempunyai sistem yang namanya Goole Sandbox yang berguna memasukkan website yang terkena penalti sehingga website yang masuk daftar ini tidak akan tampil di halaman mesin pencari.

Link Building itu berbahaya bagi SEO
Link building adalah membangun link antar website dengan tujuan menaikkan ranking website. Link building bisa dilakukan secara organik atau alamiah maupun dengan cara berbayar. Yang organik akan berkembang sesuai kenaikan reputasi website dan ada website lain yang menjadikan rujukan. Link building berbayar dilakukan dengan membayar orang lain agar menaruh link website anda di website mereka.

Private blog network itu berbahaya bagi SEO
Private Bog Network adalah jaringan blog yang dipunyai satu orang atau kelompok dengan tujuan memberikan link pada website utama. Tujuannya memberikan rangking lebih tinggi ke website utama. PBN menggunakan IP yang berbeda-beda untuk tiap website sehingga terdeteksi sebagai website yang berbeda-beda.

Link berbayar itu berbahaya bagi SEO
Apakah link berbayar berbahaya untuk SEO? Bisa ya bisa tidak. Berbahaya kalau ketahuan Google.

Hanya white SEO yang akan berhasil
Di dunia nyata faktanya orang-orang yang berhasil secara bisnis bukanlah ornag yang dinilai baik, selalu taat hukum. Bahkan banyak orang yang menggunakan suap, kolusi, nepotisme untuk menunjang kesuksesan pribadi maupun usahanya.

Ini juga berlaku untuk SEO.

Kalau mau memenangkan SEO jangan ikuti petunjuk Google
Ini kebalikan dengan sebelumnya. Banyak orang baik sukses. Banyak juga orang jahat sukses. Sementara baik atau jahat sebagai kepala keluarga sering berbeda dengan sebagai direktur perusahaan atau pemilik usaha.

Dalam SEO juga begitu. Banyak website sukses karena mempraktekkan petunjuk Google.
Banyak juga pemilik website sukses karena mengakali petunjuk Google.

Jangan terlalu naif menjalankan SEO
Orang-orang naif dan lugu bisa saja memenangkan persaingan karena nasib baik maupun kepandaiannya. Tapi lebih banyak orang sukses adalah yang mencari kesempatan, terobosan, jalan pintas, dll.

Black hat SEO itu haram
Dalam dunia nyata, banyak koruptor dan penjahat menjadi orang kaya. Ada juga yang tertangkap lalu dipenjara.

Itulah beberapa rumot dalam SEO. Intinya, Guidelines Google itu penting dan menjadi panduan banyak praktis SEO dalam mengoptimasi websitenya. Tapi itu bukan hal baku yang tidak boleh dilanggar. Itu bukan kitab suci.

Kata kuncinya: mengakali tapi tidak kelihatan mengakali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *